Pengertian
Merupakan sub departemen akunting dan keuangan yang mengelola hutang perusahaan dengan pihak-pihak lain yang terkait.
Tugas dan tanggung jawab
Registrasi dokumen hutang
Dokumen hutang didapatkan dari bagian purchasing dan receiving, terdiri dari faktur (invoice), surat jalan (delivery order), form pemesanan barang/jasa (purchase order), faktur pajak, kontrak kerja (untuk pembelian jasa). Check semua kelengkapan dokumen tersebut, dan input di tabel registrasi sebagai kontrol data hutang perusahaan per periode.
Jurnal hutang
Jurnal hutang dapat dilakukan di program/software akunting yang digunakan oleh perusahaan. Jurnal debet biasanya masuk ke akun biaya, disesuaikan dengan peruntukan dan departemen yang menggunakan barang/jasa tersebut. Jurnal kredit dijadikan satu akun, misalnya akun hutang perusahaan, sehingga setiap jurnal hutang dapat dikreditkan ke akun tersebut.
Schedule pembayaran hutang
Penyusunan jadwal pembayaran hutang yang disesuaikan dengan jatuh tempo dari masing-masing dokumen hutang.
Pembayaran hutang
pembayaran hutang dilakukan untuk dokumen hutang yang sudah jatuh tempo, dengan persetujuan dari Manajer Akunting dan Keuangan.
Jurnal pembayaran hutang
Jurnal pembayaran hutang dilakukan dengan men-debet akun hutang perusahaan, kreditnya masuk ke akun bank.
Update data registrasi hutang
Update dilakukan di tabel registrasi dengan mengisi tanggal dan jumlah pembayaran dari masing-masing dokumen hutang yang telah terbayar. Hal ini dilakukan agar terlihat mana hutang yang belum terbayar dan mana yang telah terbayar.
Filling dokumen hutang
Baca Job Description Sub Dept. Lainnya
Baca Artikel Lainnya
Kembali ke Beranda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar