Sabtu, 20 Februari 2010

Accounting and Finance Job Description

Disini saya mencoba menjelaskan tugas-tugas dan tanggung jawab dari bagian-bagian yang terdapat di departemen akunting dan keuangan. Didalam departemen akunting dan keuangan terdapat sub-sub departemen yang berkaitan satu sama lain, dan masing-masing menghasilkan report sebagai data untuk proses pembuatan laporan keuangan perusahaan per periode. Agar proses kerja di departemen akunting dan keuangan dapat berjalan dengan lancar, maka diperlukan kerja sama (team work) dari setiap sub departemen tersebut. Apabila kerja sama (team work) dapat berjalan dengan baik, maka tidak akan ada data yang kurang pada setiap periode, sehingga proses pengolahan data untuk menciptakan laporan keuangan perusahaan dapat berjalan dengan lancar pada setiap periode.
Berikut ini, saya mencoba menjabarkan tugas dan tanggung jawab dari setiap sub departemen akunting dan keuangan, yang cocok untuk diterapkan di perusahaan jasa dan perusahaan dagang non ekspor. Semoga bermanfaat untuk semua yang membutuhkan informasi ini.

Content's :
Hutang (Account Payable)
Piutang (Account Receivable)
Cost Control
Income Audit
Purchasing
Receiving
General Cashier
General Account / General Ledger


Baca Artikel Lainnya
Kembali ke Beranda